Cek pajak mobil Kijang Innova 2013

Kijang Innova adalah penerus legendaris keluarga Toyota Kijang di Indonesia. Diluncurkan pertama kali pada 2004 (generasi AN40) sebagai MPV menengah ber-chassis tangga (ladder frame) satu platform dengan Hilux/Fortuner, Innova mempertahankan reputasi Kijang: kuat, muat banyak, dan mudah dirawat.

Generasi kedua (AN140, kerap disebut Innova “Reborn”) hadir pada 2015 dengan peningkatan besar di desain, fitur, dan keselamatan. Pada November 2022 Toyota memperkenalkan Innova Zenix, yang mengubah filosofi teknisnya secara drastis (monokok, penggerak depan, dan opsi hybrid) sekaligus membawa nama Kijang ke era elektrifikasi.

Secara desain, Innova selalu tampil sebagai MPV serbaguna untuk keluarga Indonesia. Model “Reborn” menonjolkan tampilan kokoh dan maskulin; varian Venturer memberi sentuhan lebih premium. Innova Zenix mengadopsi bahasa desain lebih modern: grille tegas, lampu LED ramping, dan proporsi lebih aerodinamis.

Di pasar, Innova berada satu tingkat di atas Avanza/Veloz, menawarkan kabin lebih lega dan citra lebih mapan sering dipilih untuk kebutuhan keluarga besar, perjalanan dinas, hingga armada hospitality. Layout kabin Innova menekankan kemudahan akses dan fleksibilitas.

Konfigurasi tiga baris (7–8 penumpang) tersedia, dengan opsi captain seat di baris kedua pada trim lebih tinggi. Fitur bergantung generasi/varian: sistem infotainment layar sentuh dengan konektivitas ponsel, multi-zone AC, ambient lighting, hingga panoramic roof pada Zenix tertentu.

Paket keselamatan juga meningkat dari waktu ke waktu, mencakup 6 airbag (trim tertentu), kontrol stabilitas, hill-start assist, kamera parkir, dan pada Zenix sudah tersedia Toyota Safety Sense (fitur ADAS seperti pre-collision, lane departure alert, dan adaptive cruise).

Perbedaan terbesar ada pada arsitektur. Generasi “Reborn” memakai rangka ladder frame dengan penggerak belakang (RWD) tangguh, suspensi belakang per daun/coil tergantung pasar/varian, serta pilihan mesin bensin 2.0 dan diesel 2.4 yang terkenal bandel. Innova Zenix beralih ke platform TNGA-C monokok dengan penggerak depan (FWD): bobot lebih ringan, kenyamanan dan efisiensi meningkat.

Opsi Hybrid 2.0 memadukan mesin bensin siklus Atkinson dengan motor listrik dan e-CVT, memberi akselerasi halus, konsumsi lebih irit, serta emisi lebih rendah; sementara varian bensin 2.0 non-hybrid tetap tersedia untuk yang mengutamakan kesederhanaan teknis.