Cek pajak mobil Mercedes-Benz G-Class

G-Class (sering disebut G-Wagen, dari Geländewagen) lahir pada akhir 1970-an sebagai kendaraan militer/utility 4×4 yang tangguh, lalu berevolusi menjadi SUV mewah ikonik tanpa kehilangan kemampuan off-road.

Selama puluhan tahun, bentuk kotaknya yang khas, pintu berdentum tegas, dan ban serep menggantung di belakang menjadi ciri visual yang langsung dikenali. Di lini Mercedes, G-Class berada di puncak SUV bergaya heritage lebih eksklusif dari GLE/GLS berkat karakter utilitarian-premium yang unik.

Bahasa desainnya sengaja tidak banyak berubah: bodi kotak, fender menonjol, lampu depan bundar, dan garis sabuk tegak. Modernisasi hadir lewat detail seperti lampu LED, pelek besar, serta sentuhan krom/AMG styling pada varian performa.

Proporsi tegak dan sudut tajam bukan hanya estetika; ia membantu visibilitas excellent dan memberi ruang kabin yang lega. Aerodinamika memang bukan prioritas identitas G-Class adalah ketangguhan dan kejujuran bentuk.

Meski tampangnya “tool car”, kabin G-Class kini sangat mewah: material kulit/Alcantara, trim kayu/karbon, kursi berpemanas-ventilasi dengan pijat, ambient lighting, hingga sistem audio premium. Antarmuka digital ganda (instrument cluster dan layar infotainment) membawa fitur modern seperti navigasi AR, konektivitas ponsel, dan asisten suara.

Posisi duduk tinggi, kaca tegak, dan visibilitas luas memberi rasa percaya diri di kota maupun rute antarkota, sementara peredaman dan air suspension (tergantung varian) meningkatkan kenyamanan harian.

Ciri teknik utama G-Class adalah sasis tangga (ladder frame), penggerak 4MATIC permanen, rasio rendah (low range), dan tiga differential lock (depan, tengah, belakang) kombinasi langka yang membuatnya sangat kapabel di medan berat.

Mesin bervariasi sesuai pasar/varian, dari enam silinder efisien hingga V8 twin-turbo AMG pada G 63 yang menyajikan akselerasi super-SUV. Sudut pendekatan/keberangkatan besar, ground clearance tinggi, serta kedap air yang baik mendukungnya menaklukkan rintangan; di aspal, setelan suspensi dan steering modern membuatnya jauh lebih refined dibanding generasi awal.